Fabrice Muamba,pemain Bolton tak sadarkan diri di lapangan Hijau




London, Pihak Bolton Wanderers menyebutkan bahwa pemainnya, Fabrice Muamba, dalam keadaan kritis di unit serangan jantung di sebuah rumah sakit di London.



Hal itu disampaikan Bolton tiga jam setelah Muamba tiba-tiba kolaps di lapangan, di menit-menit terakhir babak pertama pertandingan babak perempat final Piala FA di markas Tottenham Hotspur, Sabtu (17/3/2012).


Ketika jatuh dan tak sadarkan diri, tak ada pemain yang didekat dia, sampai kemudian ada yang berteriak bahwa Muamba tak sadarkan diri.


Pemain Tottenham William Gallas dan Louis Saha, bersama wasit Howard Webb, langsung menyuruh tim medis segera masuk ke lapangan.


Sedikitnya enam petugas melakukan penanganan cepat pada Muamba, termasuk memberi nafas buatan dan memberi sentakan dua kali di dada Muamba dengan alat kejut jantung.



Televisi yang menyiarkan langsung pertandingan memutuskan tidak sekalipun menayangkan ulang insiden tersebut, demi menjaga etika pada seseorang yang sedang berjuang untuk tetap hidup.



Pria berusia 23 tahun itu kemudian ditandu keluar lapangan, dikenakan masker oksigen, dan segera dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans.


Manajer Owen Coyle dan kapten Kevin Davies
mendampingi Muamba. "Fabrice Muamba dimasukkan ke pusat serangan jantung di London Chest Hospital, di mana dia saat ini adalah kondisi kritis dalam perawatan intensif," demikian pernyataan resmi Bolton dalam situs mereka, tiga jam setelah insiden. "Tidak ada informasi lebih jauh yang bisa disampaikan saat ini. Klub meminta media menghormati privasi keluarga dia saat ini."


Mantan rekan Muamba asal Arsenal, Johan Djourou, menulis lewat twitter-nya bahwa dia langsung mengunjungi Muamba tadi malam."Just left the hospital," he said. "Love you so much man! Keep fighting. Everybody please pray for him he’s an amazing man and friend."




Muamba, lahir di Zaira pada 6 April 1988, hijrah ke Inggris dalam usia 11 tahun, menyusul bapaknya, yang meninggalkan negara Afrika itu lantaran kekacauan politik. "Inggris adalah negara angkatku," kata Muamba tahun lalu. "Orang-orang telah membantuku,menyambutku dengan tangan terbuka dan memberiku kesempatan ini. Aku memperoleh kehidupan yang lebih layak dan nyaman. Aku sangat menghargai itu."



Di dunia sepakbola Muamba masuk akademi Arsenal di tahun 2002 saat berumur 14 tahun.



Namun ia hanya bermain dua kali untuk The Gunners di Piala Liga musim 2007/2008, sebelum kemudian dipinjamkan ke Birmingham di musim berikutnya. Ia dibeli Bolton pada Juni 2008 seharga lima juta poundsterling.







Sumber @detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar